Presiden Jokowi dan Presiden PEA Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Solo, Bakal Dikelola Kemenag

Nanang SN
.
Selasa, 15 November 2022 | 11:03 WIB
Presiden RI Jokowi dan Presiden PEA Mohammed Bin Zayed Al Nahyan meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed di Kota Solo. Foto: BPMI Sekretariat Presiden

SOLO, iNewsJatenginfo.id - Presiden Joko Widodo bersama Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Mohammed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ) telah meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed yang ada di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), pada Senin (14/11/2022).

Masjid megah itu siap digunakan untuk ibadah masyarakat umum setelah Presiden Jokowi dan Presiden MBZ melakukan penandatanganan prasasti sebagai tanda peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi dan Presiden MBZ juga menyempatkan berkeliling sambil meninjau arsitektur serta sarana dan prasarana yang ada di masjid tersebut.

Usai berkeliling, Presiden Jokowi dan Presiden MBZ melakukan penanaman pohon Sala di halaman Plaza Utara Masjid Raya Sheikh Zayed. Kegiatan kemudian diakhiri dengan foto bersama Presiden Jokowi dan Presiden MBZ bersama para tamu dan delegasi kedua negara.

Dikutip dari Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) H. Adib, mengatakan, bahwa Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan miniatur dari Masjid Sheikh Zayed yang ada di Abu Dhabi, PEA.

Ia menjelaskan, masjid tersebut dibangun di atas lahan seluas 3 hektare dengan kapasitas sekitar 10 ribu jemaah. Diketahui, sebelumnya di lahan itu berdiri bangunan Depo Pertamina.

"Ini adalah merupakan hibah atau hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab untuk Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo," ucap Adib dalam keterangannya.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini