get app
inews
Aa Read Next : Semarak Harlah ke 77, PC Muslimat NU Ajak Kader Terus Berkhidmat

Apel Nasional Hari Santri 2022, Gus Irsyad Jadi Komandan

Minggu, 23 Oktober 2022 | 09:59 WIB
header img
Apel Nasional Hari Santri 2022. Foto: Ist

PASURUAN, iNewsJatenginfo.id - Apel Nasional Hari Santri 2022, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mendapatkan amanah khusus dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur (PWNU Jatim). Gus Irsyad didaulat sebagai komandan upacara memimpin 1.000 peserta upacara. Sebagai Inspektur Upacara, Ketua PWNU Jatim, KH Marzuki Mustamar.

"Hadlatussyaikh Muhammad Hasyim Asy'ari, KH Abdulwahab Hasbullah dan para kiai pendiri NU, telah meletakkan dasar-dasar perjuangan untuk menegakkan berdirinya negara Republik Indonesia. Inilah nilai-nlai perjuangan yang harus kita kobarkan dalam mengiri kemerdekaan itu," katanya. 

Dia mengingatkan, NU telah mengambil peran sejak awal berdiri hingga Indonesia Merdeka untuk perdamaian dunia. Sejak Komite Hijaz membawa misi untuk tetap tegaknya Ahlussunnah Waljamaah di wilayah Arab Saudi kepada Raja Ibn Saud pada awal 1926 hingga lahirnya Resolusi Jihad dalam masa Perang Kemerdekaan Indonesia 1945. 

"Indonesia memiliki aset Islam terbanyak. Umat Islam terbanyak 241 Juta. Karena itulah, peran umat Islam juga begitu besar. Kitalah yang harus menjawab berbagai tantangan zaman. Para santri mempunyai tanggung jawab untuk masa depan negeri ini, sebagaimana telah diperjuangkan para kiai dan pendahulu NU," ucapnya.

Pada kesempatan itu, para peserta turut mendengar sambutan Apel Nasional Hari Santri oleh Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf. Dia menyampaikan, bertepatan dengan Peringatan 70 Tahun Resolusi Jihad, pemerintah memberikan pengakuan peran penting perjuangan para ulama dengan menjadikan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional.

 "Alhamdulillah. Apresiasi ini disampaikan di Masjid Istiqlal yang dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tertanggal 15 Oktober 2015," ucap Gus Yahya, pada Apel Hari Santri 2022 yang disampaikan langsung dari Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, sebagai lokasi Puncak Apel Nasional Hari Santri.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut