get app
inews
Aa Read Next : Kebun Kopi Seluas Satu Hektare di Temanggung Terancam Longsor Akibat Tanah Gerak

Hari Santri Nasional, Santri Cilik Pawai Bertabuh Loosepart dan Berbagi dengan Pemilah Sampah

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 08:45 WIB
header img
Para santri belajar berbagi dengan pemilah sampah di TPA. Foto: AG/iNewsTemanggung.id

TEMANGGUNG, iNewsJatenginfo.id -  Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Temanggung bekerjasama dengan para pendidik di lembaga praktikan mengajak para peserta didiknya ke Pasar Kranggan dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sanggrahan, Kranggan, Temanggung, dalam rangka memperingati hari santri nasional. Kegiatan ini berlangsung pada Jum'at (21/10/22).

Dengan berpakaian santri, para peserta didik PAUD Terpadu Islam Siti Khodijah melakukan pawai berkeliling di area pasar kranggan.

Tak seperti pawai pada umumnya, selain anak didik mendendangkan sholawat mereka mengiringinya dengan tabuhan loosepart.

Seperti kita ketahui bahwa loosepart merupakan material lepasan yang biasa mereka gunakan untuk belajar melalui bermain.

Kali ini mereka menggunakan loosepart untuk mengiringi sholawat saat melakukan pawai. Adapun loosepart yang digunakan meliputi galon, botol, sendok, kaleng, kayu, dan botol mineral. 

Pasca kegiatan pawai, para 'santri cilik' ini diajak untuk menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sanggrahan. Kunjungan ke TPA Sanggrahan ini dimaksudkan untuk mengenalkan mereka pada konsep kebersihan.

Kepala Sekolah Khodijah, Siti Khundaifah menuturkan kegiatan ini bisa menjadi bekal bagi anak dengan mengajarkan tentang pengelolaan sampah yang tepat. 

"Kegiatan kali ini dapat menjadikan bekal yang bermanfaat bagi anak, bahwa sampah bisa menjadi sesuatu yang luar biasa ketika ada yang mengelolanya dengan tepat." ungkapnya. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut