get app
inews
Aa Read Next : Indonesia dan Vietnam Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Musim Penghujan, BPBD Semarang Pasang 5 Alat Pendeteksi Banjir di Tiga Sungai

Kamis, 13 Oktober 2022 | 13:32 WIB
header img
Ilustrasi banjir di Kabupaten Jepara. Tim BPBD Jepara saat bertugas di lokasi Banjir Desa Clering Kecamatan Donorojo. Foto: Antara

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan 60 % wilayah di Indonesia sudah memasuki musim penghujan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang  saat ini sudah melakukan antisipasi terjadinya banjir di musim penghujan.

Sebanyak  lima alat peringatan dini bencana banjir di sejumlah aliran sungai yang berpotensi menyebabkan banjir. Langkah ini dilakukan sebagai upaya menghadapi musim hujan pada akhir 2022 ini.

“Ada tambahan lima alat, jadi total sistem peringatan dini yang sudah terpasang sebanyak 12 alat," kata Sekretaris BPBD Kota Semarang Winarsono, Rabu (12/10/2022).

Menurut dia, kelima alat peringatan dini banjir itu terpasang di aliran DAS Pudakpayung, dua di aliran DAS Jatibarang, satu alat di titik pertemuan hulu Sungai Kaligarang, serta di Kanal Banjir Timur.

Menurutnya, sistem peringatan dini banjir tersebut bisa dipantau secara langsung oleh masyarakat melalui aplikasi Sipantau Bencana pada telepon pintar.

Menurut dia, terdapat tiga level kondisi yang menunjukkan tingkat kerawanan berdasarkan ketinggian air.

"Kalau masuk level merah, nanti sirine di sekitar kawasan yang terpasang alat peringatan dini banjir ini akan berbunyi, sehingga masyarakat di sekitarnya harus siap dievakuasi," katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut