3 Ranah Untuk mencapai Kedaulatan Digital, Ini Penjelasannya

iNewsMuria.id
.
Rabu, 28 September 2022 | 16:00 WIB
Generasi Melek Digital. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir mengatakan, pembangunan ekonomi digital Indonesia akan menjadi elemen penting dari target pertumbuhan dengan potensi mencapai Rp 4.500 triliun yang jauh lebih cepat 8 kali dari pertumbuhan GDP negara.

Sementara itu, saat ini BUMN di Indonesia baru memiliki total 1% digital talent, sedangkan minimal total yang dibutuhkan adalah 20%. Untuk itu, Telkom dan Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital harus menjadi tulang punggung ekonomi digital Indonesia dengan berbagai inovasinya.

"Karena dengan terus berinovasi, ekosistem digital Indonesia bisa dimiliki kembali oleh negeri," kata Menteri BUMN Erick Thohir dalam siaran pers, Senin (26/9/2022).

Sejak awal perjalanan transformasi di bawah kepemimpinan Erick Thohir, Telkom secara kontinyu terus fokus pada bisnis digital dan menjadi perusahaan telekomunikasi terbesar di Asia Tenggara. Langkah transformnasi di bisnis digital ini sejalan dengan misi Pemerintah Indonesia terkait pemerataan akses digital di seluruh pelosok Indonesia.

Hingga Juni 2022, Telkom telah membantu menghadirkan berbagai infrastruktur seperti 171.654 kilometer kabel fiber optic yang membentang di sepanjang Nusantara dan 255.107 Base Trasceiver Station (BTS),  yang melayani 8,9 juta pelanggan IndiHome dan 169,7 juta pelanggan Telkomsel yang terhubung dengan dunia melalui sambungan internet.

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini