get app
inews
Aa Read Next : Panwaslu Kecamatan Existing Telah Diumumkan, Bawaslu Kota Semarang Buka Kategori Pendaftar Baru

Sebanyak 91 Orang Advokad Dilantik dan Diangkat Sebagai Anggota IKADIN

Selasa, 27 September 2022 | 15:47 WIB
header img
Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) di Hotel Gumaya Tower, Kota Semarang, Selasa (27/9/2022).  Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Sebanyak 91 orang calon advokat baru,  dilantik menjadi anggota Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) di Hotel Gumaya Tower, Kota Semarang, Selasa (27/9/2022). 

Pelantikan dan Pengangkatan Advokat IKADIN dilaksanakan oleh Dewan Pimpinan Daerah Ikatan Advokat Indonesia (DPD IKADIN) Jawa Tengah.  Dalam pelantikan itu, semua peserta kegiatan terlihat rapi dan mengenakan pakaian advokat.

Ketua DPD IKADIN Jateng Dr Aan Tawli, SH MH, dalam sambutannya menyatakan, per hari ini  DPP dan DPD IKADIN Jateng bertambah keluarganya sebanyak 91 orang. Aan mengingatkan sesama anggota keluarga harus satu pikir dan satu pola tindakan.

"Selain itu juga satu visi dan misi dan satu goalnya yaitu menjadikan penegakan hukum di Indonesia lebih berwarna lagi, kenapa saya katakan berwarna karena isu yang berkembang sekarang antara singlebar dan multibar. Mau tidak mau suka ataupun tidak suka apabila anda bergabung IKADIN maka harus memiliki visi dan misi multibar," katanya.

Visi dan misi multibar itu, kata Aan merupakan titah dari Ketua Umum DPP IKADIN pada Mukernas bahwa IKADIN memiliki sudut pandang multibar.

Menurut Aan kenapa harus memilih Organisasi Advokat (OA) IKADIN,  karena IKADIN didirikan oleh pendahulu-pendahulu seperti Adnan Buyung Nasution dan Prof Todung Mulya Lubis yang sudah memberikan sumbangsih yang nyata terkait penegakan hukum di Indonesia.

"Yang kedua IKADIN adalah organisasi advokat tertua, kemudian yang ketiga IKADIN adalah satu-satunya organisasi advokat yang sampai dengan sekarang perizinan HAKI, SK Kmenkumham dan logo website-nya sudah dimiliki dan terdaftar di Kemenkumham," jelas Aan Tawli.

Sehingga Aan Tawli meminta para anggota baru itu untuk bangga bergabung dengan IKADIN. "Dan anda berada di organisasi advokat dengan persaingan yang sehat, tidak ada dinasti. Sebagai contoh di DPD IKADIN Jateng persaingannya sangat-sangat terbuka, siapa yang berpotensi, siapa yang memiliki semangat, berkesempatan menjadi pemimpin," tandasnya.

Aan Tawli juga menegaskan IKADIN merupakan sebuah organisasi yang mementingkan anggotanya bukan personalnya. "IKADIN paham benar semua orang memiliki kesempatan untuk menjadi advokat, zaman dulu menjadi advokat itu privilage. Kita juga sadar anggota IKADIN butuh pelatihan-pelatihan tambahan dan penguatan materi dan praktek karena ilmu dalam dunia berperkara praktik hukum itu sifatnya dinamis, untuk itu organisasi ini peduli dan menyediakan legal update dan legal upgrade yang diisi oleh advokat senior dan juga dari luar (negeri)," bebernya.

Oleh itu, Aan Tawli meminta para anggota baru untuk mengikuti dua kegiatan tersebut. 

"Nanti di legal update dan upgrade teman-teman akan diberikan teori-teori baru darpada keadaan hukum-hukum yang baru yang harus teman-teman pahami sebagai penambahan bekal untuk berpraktek," ujarnya.

Anggota baru yang dilantik hari ini, sambung Aan, akan menjadi prototipe dari DPD IKADIN Jateng yang akan menambah satu kelas lagi yakni kelas legal tutorial. 

"Anda akan disupervisi atau dilatih bila perlu disuapin dalam Legal tutorial. Dan DPD IKADIN Jateng akan melakukan pendidikan berkesinambungan legal tutorial selama tiga bulan dan segera anda daftarkan diri karena ini tidak dipungut biaya, karena ini sebagai bentuk pengabdian organisasi kepada anggota," ungkapnya.

Sementara itu ketua panitia kegiatan Adv. Edy Mulyono SH menyatakan peserta yang mengikuti pelantikan tersebut ada sebanyak 91 peserta calon advokat,  kelak bisa menjadi advokat yang cerdas dan bermartabat sebab itu adalah ciri khas advokat IKADIN.

"Untuk menjadi Advokat yang bermartabat tentu yang kalian pegang adalah kode etik, dan ini yang sering kita lupakan kode etik advokat. Ketika kita berpegang kode etik, maka kita sudah menjadi advokat yang berwibawa, berwawasan dan bermartabat," kata Edy.

Wasekjen IKADIN Rusdin Ismail yang memimpin jalannya pelantikan itu, mengatakan 91 calon anggota advokat tersebut dilantik berdasarkan Surat Keputusan IKADIN No 061/DPP/IKADIN/IX/2022, tentang Pengangkatan Advokat Ikatan Advokat Indonesia Provinsi Jawa Tengah. 

Pelantikan tersebut dihadiri sejumlah pengurus DPP IKADIN seperti diantaranya Wakil Ketua Umum IKADIN Dr. Najib Ali Gisymar, SH, MHum, Wasekjen Dr. Rusdin Ismail, SH, MH, Ketua Komisi Pengawas Wartono Wirja Saputra, SH MH, Ketua Bidang Bantuan Hukum DPP IKADIN HM Rangkey Margana SH MH CLA. Serta Ketua DPD IKADIN Jateng Dr Aan Tawli, SH MH, besera jajaran pengurus DPD IKADIN Jateng lainnya.

Prosesi pelantikan dimulai dengan memanggil   satu per satu oleh Rusdin Ismail untuk maju ke panggung. Para calon advokat tersebut terlihat memberi hormat bendera Merah Putih untuk kemudian mencium bendera tersebut dan bergeser untuk mencium pataka IKADIN.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan SK DPP IKADIN yang dilakukan oleh Dr. Najib Ali Gisymar, SH MHum, kepada perwakilan peserta pelantikan dan pengangkatan Advokat.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut