get app
inews
Aa Read Next : Tawaran Rekonsiliasi Perdamaian Dunia dengan Senyum Ramadhan

Kuburan Massal di Izyum Ditemukan, Tim Kepolisian Mengidentifikasi Seluruh Jasad

Rabu, 21 September 2022 | 10:29 WIB
header img
Keberadaan kuburan massal di Izyum, provinsi Kharkiv Oblast ini terungkap pada 15 September 2022. Foto : Istimewa/ The Kiev Independent.

ISYUM, iNewsJatenginfo.id - Kuburan massal ditemukan dikawasan hutan pinggiran Kota Izyum, Kharkiv Oblast, Tim identifikasi dari Kepolisian Nasional Ukraina masih terus berupaya untuk mengidentifikasi seluruh jasad. Petugas juga terus berupaya mencari jasad korban lainnya, yang mungkin masih belum ditemukan disekitar kawasan tersebut. 

Dikutip dari The Kiev Independent, Deputi Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk menyebutkan bahwa beberapa jenazah yang ditemukan di kuburan massal Izyum sudah teridentifikasi. 

Sebagian orang yang merasa kehilangan anggota keluarga dan telah mengirimkan sample DNA sudah mendapat informasi bahwa anggota keluarganya yang hilang telah teridentifikasi sebagai korban kuburan massal itu. 

Iryna, proses identifikasi terhadap keseluruhan jasad yang ditemukan masih membutuhkan waktu karena banyaknya jumlah korban yang diduga mencapai 450 orang dan harus melalui proses laboratorium untuk mencocokkan DNA jasad korban dengan sample DNA yang telah diterima tim identifikasi, ujarnya. 

Dari sekian banyak jasad yang ditemukan, sebagian besar diperkirakan merupakan warga sipil yang menjadi korban penyiksaam sebelum dihabisi dan dikuburkan dikawasan hutan itu. 

"Kami menyaksikan jasad-jasad yang mengerikan dari kuburan dan kuburan massal warga sipil yang disiksa," kata Vereshchuk. 

Sementara Walikota Izyum, Valerii Marchenko memperkirakan masih ada jasad korban yang belum ditemukan, dan pihak berwenang masih akan melanjutkan penggalian ditempat-tempat lain yang sudah dikuasai oleh militer Ukraina. 

Agar semua jasad dapat ditemukan untuk diindentifikasi dan dimakamkan secara layak oleh keluarga atau pemerintah setempat.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut