get app
inews
Aa
Read Next : Penjualan Terus Menurun, Produksi Mazda 6 untuk Pasar Domestik Dihentikan

Mengapa Jepang Malu Mengakui Pernah Menjajah Indonesia? Ini 3 Alasannya

Selasa, 30 Agustus 2022 | 15:14 WIB
header img
3 alasan Jepang malu mengakui pernah menjajah Indonesia di masa lalu. Foto: Pixabay

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Jepang merupakan salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia pada tahun 1942 sampai 1945. Namun terkuak alasan jika Jepang Malu mengakui pernah menjajah Indonesia sehingga sejarah tersebut justru tidak pernah diajarkan dalam kurikulum pendidikan di Jepang, sehingga generasi muda Jepang tidak pernah mengetahuinya.

Padahal dalam waktu yang lebih singkat jika dibandingkan dengan Belanda, Jepang berhasil menguasai banyak sektor di Indonesia hingga melakukan praktik kerja paksa (Romusha). 

Lantas, mengapa Jepang tidak mau mengakui jika di masa lalu negaranya pernah menjajah Indonesia ? Simak alasannya berikut ini.

Alasan Jepang malu mengakui pernah menjajah Indonesia

1. Jepang tidak mengenal Indonesia
Pada masa penjajahan, negara ini dulunya bernama Hindia Belanda. Nama Indonesia akhirnya resmi digunakan sebagai nama negara setelah merdeka.

Dengan pergantian nama tersebut, banyak dari veteran Jepang yang tidak mengetahui bahwa Indonesia adalah bekas jajahan negaranya di masa lampau. Tak jarang dari para veteran tersebut yang terkejut bahwa nama Indonesia dahulunya adalah Hindia Belanda.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut