get app
inews
Aa
Read Next : Indonesia dan Vietnam Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 2024

Ini 5 Fakta Bendera Pusaka Merah Putih yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Rabu, 17 Agustus 2022 | 14:52 WIB
header img
Lima fakta bendera pusaka merah putih yang jarang diketahui banyak orang, dibuat dari kain katun Jepang. (Foto: Paskibraka).

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Lima fakta bendera pusaka merah putih yang jarang diketahui banyak orang, dibuat dari kain katun Jepang. Sederet fakta bendera Pusaka Merah Putih jadi pertanyaan besar masyarakat Indonesia khususnya. Hal tersebut terlepas dari simbol sebuah negara besar seperti Indonesia.

Bendera Pusaka merupakan sebuah aset sejarah yang mana keberadaan benda tersebut tergolong sakral karena memiliki nilai dan makan yang sangat besar.

Nah, berikut ini akan kami ulas beberapa fakta bendera pusaka merah putih. Tim MNC Portal telah merangkumnya dari berbagai sumber. Simak sampai selesai!

5 Fakta Bendera Pusaka Merah Putih

1. Bendera Pusaka Pertama Dijahit Oleh Fatmawati

Salah satu fakta yang terlihat jelas dalam sejarah Indonesia yakni pembuatan bendera pusaka merah putih tersebut dijahit oleh istri Presiden Pertama Indonesia yaitu Fatmawati.

Diketahui jika Fatmawati menjahit bendera pusaka tersebut dengan menggunakan mesin jahit tangan. hal tersebut dilakukan lantaran saat itu ia sedang hamil besar. Sehingga tidak diperbolehkan untuk menjahit menggunakan mesin jahit kaki.

2. Bendera Pusaka Memiliki Nama Resmi

Fakta selanjutnya adalah nama resmi yang dimiliki bendera pusaka Indonesia. Dalam pasal 35 Undang-undang Dasar 1945 disebutkan bahwa bendera Indonesia adalah Sang Merah Putih.

Tak hanya itu, bendera pusaka milik Indonesia juga memiliki beberapa julukan seperti Sang Saka Merah Putih, Bendera Pusaka, dan Bendera Merah Putih.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut