get app
inews
Aa Read Next : 5 Ilmuwan Indonesia yang Diakui Dunia Karena Kemampuannya,

5 Ilmuan Asal Indonesia yang Namanya Diakui Dunia

Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:57 WIB
header img
BJ Habibie merupakan Presiden Republik Indonesia yang ketiga sejak 21 Mei 1998 hingga 20 Oktober 1999. Foto DOK SINDOnews

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Jarang diketahui, ini deretan tokoh penemu asal Indonesia yang namanya diakui dunia. Indonesia tidak pernah kekurangan dengan talenta-talenta hebat di berbagai bidang. 

Bahkan tak sedikit dari mereka yang telah menghasilkan penemuan-penemuan hebat yang telah diakui secara internasional dan terbukti memberikan manfaat untuk kehidupan manusia.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah lima penemu asal Indonesia yang namanya diakui dunia.

Penemu Asal Indonesia yang Namanya Diakui Dunia

1. BJ Habibie

Bukan rahasia lagi jika Presiden RI ini adalah seorang ahli pesawat terbang. BJ Habibie merupakan lulusan S2 dan S3 dari Universitas RWTH Aachen, Jerman. 

Habibie mengembangkan teori perambatan retak, yang memungkinkan titik retak pada pesawat dapat diketahui lebih awal. Sehingga bisa menghasilkan pesawat yang lebih aman.

2. Yogi Ahmad Erlangga
Tokoh penemu asal Indonesia yang namanya diakui dunia berikutnya adalah Yogi Ahmad Erlangga. Lulusan Delft University of Technology, Belanda ini tercatat sebagai doktor matematika termuda. 

Selain itu, Yogi Ahmad Erlangga juga diketahui sebagai penemu rumus matematika yang digunakan untuk menyelesaikan berbagai masalah perminyakan.  Kemampuannya ini bahkan mampu menarik perusahaan minyak dunia, Shell.

3. Tjokorda Raka Sukawati

Tjokorda Raka Sukawati berhasil menemukan konstruksi Sosrobahu atau Landasan Putar Bebas Hambatan (LPBH). Diketahui, temuan Tjokorda ini memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu arus lalu lintas saat proses pembangunannya.

Tak hanya itu, temuan Tjokorda ini bahkan digunakan insinyur Amerika Serikat untuk membangun jembatan di Seattle.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut