Seandainya Puan Ditunjuk Jadi Capres 2024, Pengamat Sebut PDIP akan Menjadi Solid

Adi Mihardi
.
Senin, 08 Agustus 2022 | 14:20 WIB
Puan Maharani disebut akan membuat PDIP solid jika ditunjuk Pilpres 2024, (Foto : SINDOnews)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Salah satu kandidat kuat yang diprediksi maju dalam Pilpres 2024 adalah Puan Maharani. PDIP dinilai solid jika pada akhirnya Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDIP menunjuk Puan maju menjadi capres 2024.

Hal ini dikatakan Direktur Eksekutif Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam. Ini berkaitan erat dengan ideologi dan nilai Soekarnoisme yang dipegang teguh oleh PDIP.

Dosen Universitas Paramadina itu menganalisa tidak akan akan penolakan atau dinamika internal jika akhirnya Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memutuskan Puan maju menjadi capres. Apalagi sampai ada perlawanan terkait putusan Megawati tersebut.

"Hampir tidak ada dinamika dan perlawanan dan karena karakter kepemimpinan di PDIP itu relatif mirip dengan model pendekatan yang dulu di introduce oleh Bung Karno yaitu mekanisme demokrasi terpimpin," ujar dia dalam keterangannya, Kamis (4/8/2022).

Umam menjelaskan karakter politik PDIP berpegang pada basis trah Soekarno. Ini jadi identitas pembeda dan karakter khas PDIP dibanding partai lain. Hal tersebut membuat PDIP memiliki basis pemilih yang kuat dan loyal.

"Kita (masyarakat) memahami mengapa misalnya ada jargon-jargon yang coba kemudian di introducer misalnya 'ojo pedot poyote' atau jangan patah akarnya. Siapa akar ini? akar ini adalah dalam konteks ini ya tradisi Soekarnoisme. Itu nah siapa yang kemudian mewarisi basis Soekarnoisme itu dalam konteks ini adalah trah Soekarno," jelas Umam.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini