get app
inews
Aa Read Next : Tanggapan Gibran Soal Golkar Minta 5 Jatah Menteri di Kabinet Prabowo

Pedagang Pasar di Solo Diminta Gibran Tak Pindah Tangankan SHP

Sabtu, 16 Juli 2022 | 12:39 WIB
header img
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Foto: dok.

SOLO, iNewsJatenginfo.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta pedagang pasar agar jangan memindahtangankan surat hak penempatan (SHP) dari pemerintah. Hal itu menyusul dugaan jual beli kios pasar tradisional yang ditawarkan melalui daring beberapa waktu lalu.

"Intinya SHP kan buat pegangan para pedagang, kalau bisa jangan dipindahtangankan," kata Gibran, Jumat (15/7). 

Ia mengatakan, tidak setiap pedagang bisa memperoleh SHP sehingga seharusnya setiap orang yang memperolehnya agar memanfaatkan dengan baik. 

"Itu jadi rebutan lho, sudah dapat SHP malah di-dol (dijual), apalagi dengan harga segitu, nggak menghargai sekali," katanya.

Menurut dia, jika pedagang enggan menempati kios pasar agar dikembalikan saja kepada pemerintah. 

"Kalau niatnya sudah tidak mau jualan ya dikembalikan saja. Jangan malah dijual online, kan aturannya tidak boleh. Mending kami cabut saja," katanya.

Sebelumnya, berdasarkan penelusuran di pasar daring, salah satu kios yang dijual berada di Pasar Legi dengan luas 12 meter persegi. Untuk harga jual dibanderol Rp350 juta.

Terkait hal itu, Kepala Satpol PP Kota Solo Arif Darmawan mengatakan, akan melakukan koordinasi dengan OPD terkait kejadian tersebut.

"Kalau untuk penegakan perdanya harus ada dua alat bukti dulu, kalau sampai ada transaksi bisa disidangkan juga. Yang jelas itu aset negara tidak boleh dijaminkan, tidak boleh diwariskan, apalagi dijualbelikan," katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut