Logo Network
Network

Pencemaran Minyak Mentah di Perairan Cilacap Sudah Bersih Dinyatakan Bersih

Elde Joyosemito
.
Kamis, 30 Juni 2022 | 12:02 WIB
Pencemaran Minyak Mentah di Perairan Cilacap Sudah Bersih Dinyatakan Bersih
Perairan Cilacap Sudan bersih dari pencemaran minhas. Foto: Dok Pertamina Cilacap

CILACAP, iNewsJatenginfo.id - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap memastikan bahwa perairan Cilacap sudah bersih dari ceceran minyak. Sebelumnya, pada Senin (27/6) dan Selasa (28/6) ternyata pencemaran minyak di perairan Cilacap.

Dayi hasil pemantauan dengan menggunakan drone, kawasan Area 70, perairan Sentolo Kawat dan Singalodra, Dermaga Wijayapura, hingga pesisir pantai Kalimantan tidak ditemukan lagi ceceran minyak di perairan. 

“Sudah sejak Selasa sore (28/6) kondisi perairan mulai clear. Para nelayan dan warga juga berinisiatif membantu membersihkan perairan sejak kemarin,” jelas Cecep Supriyatna, Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI Unit Cilacap.

Lebih lanjut, upaya pembersihan dari ceceran minyak merupakan protokol tetap ketika ada kejadian di area perairan, sebagai bagian dari wilayah kerja perusahaan. 

“Sebagaimana diketahui, perairan Cilacap menjadi salah satu area kerja kami, maka ketika terjadi peristiwa seperti ini secara otomatis upaya pembersihan kami lakukan secara intensif sampai keadaan pulih kembali,” kata Cecep.


Secara terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap, Sri Murniyati menyebutkan pihak PT KPI Kilang Cilacap sudah melakukan upaya pembersihan minyak secara maksimal. 

“Ini saya sedang di lokasi untuk melihat langsung kondisi perairan yang sudah bersih. Saya mengapresiasi upaya yang telah dilakukan oleh tim internal Kilang Cilacap yang telah sigap melakukan pembersihan. Upaya teknis terus dilakukan oleh Pertamina dan masyarakat ikut membantu,” katanya.

Dalam hal ini pihaknya juga berkoordinasi dengan PT KPI Kikang Cilacap guna memastikan seluruh prosedur penanganan ceceran minyak sudah dilakukan dengan benar. 

“Sejak kemarin kami terus memantau perairan dan memastikan SOP (Standard Operational Procedure) pembersihan ditindaklanjuti dengan benar,” imbuh Murni.

Sebelumnya Ketua DPC HNSI Kabupaten Cilacap, Sardjono menyampaikan sejauh ini ceceran minyak tidak mengganggu aktivitas pencarian ikan karena nelayan sedang tidak melaut akibat cuaca ekstrim pada pekan ini.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.