get app
inews
Aa Read Next : Sebanyak 13.022 Jiwa Masih Bertahan di 83 Titik Pengungsian Meski Banjir Demak Mulai Surut

Jelang Idul Adha, Ratusan Hewan Ternak di Demak Divaksin PMK

Senin, 27 Juni 2022 | 21:48 WIB
header img
Pelaksanaan vaksinasi hewan ternak di Desa Sidorejo, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak, Senin (27/6). Foto: Ist.

DEMAK, iNewsJatenginfo.id – Sebanyak 500 ekor hewan ternak di Kabupaten Demak telah divaksin penyakit mulut dan kuku (PMK). Vaksinasi dan pemberian vitamin dipusatkan di kandang kelompok ternak, Desa Sidorejo, Kecamatan Karangawen, Senin (27/6). 

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono mengatakan, kegiatan vaksinasi ternak yang dilakukan adalah langkah tepat untuk mencegah penularan PMK. Kegiatan vaksin PMK merupakan langkah simultan dalam upaya pencegahan yang dilakukan selama ini. 

“Seperti melakukan berbagai upaya pembatasan lalu lintas ternak masuk dan keluar, serta membuka layanan pengaduan bila masyarakat menemukan adanya gejala air liur berlebih atau luka di sekitar mulut dan kuku kaki ternak," kata Budi Adhy Buono.

Dikatakanya, kegiatan ini merupakan pertama kali dilakukan di Kabupaten Demak dengan menyediakan 500 dosis vaksin. Berikutnya akan dilakukan vaksinasi secara bertahap hingga merata di wilayah Kabupaten Demak.

"Dalam tahap pertama ini kami menyediakan 500 dosis untuk 500 sapi dengan masa expired sampai tanggal 2 Juli 2022. Vaksinasi PMK ini akan dilakukan secara bertahap hingga dapat menyeluruh dan merata di wilayah Kabupaten Demak," ucapnya. 

Pihaknya akan terus bersinergi dengan dinas terkait untuk pencegahan penularan wabah PMK di Kabupaten Demak. Peternak juga diimbau untuk tetap menjaga kesehatan hewan ternak miliknya agar terhindar dari PMK.

"Diharapkan para peternak untuk selalu memperhatikan kesehatan hewan ternak dan kebersihan kandang. Menjelang Idul Adha, masyarakat diimbau untuk tidak takut berkurban. Cek kesehatan hewan kurban, sehingga terhindar dari PMK," ucapnya. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut