Logo Network
Network

Cimaung, Tempat Peristirahatan Terakhir Emmeril Kahn Mumtadz yang Dikelilingi Pegunungan

Siska Permata Sari
.
Selasa, 14 Juni 2022 | 23:58 WIB
Cimaung, Tempat Peristirahatan Terakhir Emmeril Kahn Mumtadz yang Dikelilingi Pegunungan
Keindahan Cimaung yang dikelilingi Pegunungan Foto: IG @emmahaven90

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Nama Cimaung makin dikenal masyarakat. Kecamatan yang ada di Kabupaten Bandung ini menjadi lokasi peristirahatan terakhir Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Setelah proses pencarian yang panjang di Sungai Aare Swiss, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz akhirnya dimakamkan di Indonesia pada hari ini, Senin (13/6). 

Dengan penuh keharuan, siang tadi, jenazah Eril dimakamkan di Yayasan Islamic Centre Baitul Ridwan di Cimaung, Bandung, Jawa Barat.

Cimaung merupakan tempat peristirahatan terakhir bagi Eril. Tepatnya, di Yayasan Islamic Centre Baitul Ridwan, yang diketahui merupakan tanah milik keluarga Ridwan Kamil.

Mengulik dari sejarahnya, Cimaung dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah No 29 tahun 1995 tentang pembentukan Kecamatan di Kabupaten daerah tingkat II Bogor, Karawang, dan Bandung. Kecamatan Cimaung merupakan pemekaran dari kecamatan Banjaran.

Letak Cimaung berada di jalur penghubung antara Banjaran dan Pangalengan. Cimaung terletak 25 km di selatan Kota Bandung dan sekitar 16 km dari Soreang, Bandung.

Daerah Cimaung ini juga menjadi tempat yang dikelilingi gunung-gunung di Jawa Barat. Oleh karena itu, kecamatan Cimaung  mempunyai kontur tanah yang relatif berbukit-bukit, lantaran posisinya di lereng pegunungan Bandung Selatan.

Di sebelah timur terdapat Gunung Malabar yang merupakan salah satu gunung tertinggi di Kabupaten Bandung. Kemudian, di sebelah selatan terletak Gunung Tilu. Bahkan, kawasan wisata Gunung Puntang pun berada di kecamatan ini.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.