Upaya Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Lewat Sosialisasi FOLU Net Sink Tahun 2030

Muhammad Sayyidin Jaya Negara
Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jateng, Sumarno, membuka Sosialisasi Sub Nasional Indonesia’s FoLU Net Sink 2030 Region Pulau Jawa di Provinsi Jateng, yang berlangsung di Hotel Tentrem Semarang, Rabu (29/5/2024). Foto: Ist

“Sosialisasi sudah kita lakukan. Kami sangat berterima kasih karena adanya program nasional FOLU ini, maka kolaborasi lebih kuat lagi,” katanya.

Staf Ahli Menteri LHK, Tasdiyanto menyebut Pulau Jawa memiliki spesifikasi lingkungan hidup yang berbeda, karena dipengaruhi kepadatan penduduk. Aktivitas penduduk itu pada akhirnya berkontribusi pada penimbulan emisi yang lebih besar.

Tasdiyanto pun menilai positif pada gagasan pendekatan keagamaan dan kearifan lokal. Terlebih, masyarakat Indonesia, termasuk Jateng, sangat kuat dalam menjalankan perintah agamanya masing-masing.

“Kami sepakat dengan Provinsi Jateng, bahwa pendekatan untuk sosialisasi, selain teknis berbasis sains, juga harus dikemas dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh masyarakat,” katanya.

Ketua Harian I Tim Kerja Indonesia FOLU Net Sink 2030, Ruandha Agung menjelaskan, Indonesia berkomitmen menurunkan emisi gas di lima sektor. Yakni sektor FOLU, energi, industri, sampah, dan pertanian. Untuk sektor FOLU mempunyai tugas berat, yakni menurunkan 60 persen emisi gas rumah kaca.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network