Gantikan Ayah yang Sakit, Zulfikar Menjadi Calon Jemaah Haji Termuda

Jonathan Simanjuntak
Zulfikar Muhammad calon jemaah haji termuda dengan usia 19 tahun asal Jakarta Barat. (Foto MPI).

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Zulfikar Muhammad, mahasiswa berusia 19 tahun asal Jakarta Barat menjadi calon jemaah haji termuda di kloter pertama keberangkatan haji dari Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Pondok Gede. Zulfikar menggantikan ayahnya sendiri yang batal berangkat.

Dia menggantikan ayahnya yang tidak lolos skrining pemeriksaan kesehatan untuk menjalani rangkaian ibadah haji selama 40 hari. Zulfikar bakal berangkat bersama ibunya sendiri.

"Bapak saya akhir-akhir mau keberangkatan terkena penyakit, yang sedikit komplikasi sehingga saya yang menggantikan bapak yang memang cukup sulit sih," kata Zulfikar di Asrama Haji Embarkasi Jakarta, Sabtu (11/5/2024).

Dia merasa senang mendapat kesempatan haji di usia yang masih belia tapi juga merasa sedih. Sebab ayahnya sudah mendaftar cukup lama sejak 2012 silam untuk mendapatkan giliran berangkat ke Tanah Suci.

"Rasamya campur aduk, kayak ada senangnya, ada sedihnya, soalnya kan menggantikan bapak. Harusnya saya yang nganterin bapak, jadi bapak yang anterin saya," sambungnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network