Makan Banyak saat Sahur Bisa Mencegah Rasa Lapar Lebih Lama, Benarkah?

Chindy Aprilia Pratiwi
Makan Terlalu Banyak saat Sahur, Ini Dampak yang Akan Terjadi! (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Sahur merupakan aktivitas penting yang harus dilakukan saat Ramadhan. Sebab, pada waktu ini Anda bisa menyantap makanan untuk mempersiapkan energi menjalani ibadah puasa seharian.

Ya, pada saat berpuasa banyak orang yang menganggap kalau dengan makan banyak saat sahur bisa mencegah rasa lapar lebih lama dibandingkan maka sahur dalam jumlah porsi kecil. Lantas apakah itu benar?

Menurut Dokter sekaligus Healthy Educator, Nadia Alaydrus menjelaskan, makan secara berlebihan dapat menyebabkan resistensi pada hormon leptin yang menyebabkan sinyal lapar dan kenyang dapat muncul saat perut masih dalam keadaan penuh. Kondisi itu tidak menjamin perut dalam keadaan penuh bisa mencegah seseorang timbul rasa lapar lebih lama.

“Jadi malah sinyal lapar dan kenyang itu nggak terkontrol. Jadi sinyal lapar tuh sebenarnya bisa saja muncul padahal perut masih terisi penuh, belum lagi nih kalau sahurnya tuh kebanyakan itu malah bikin kita jadi makin gemuk, karena banyak kalori yang masuk,” kata dr Nadia, dikutip dari akun TikTok pribadinya @nadialaydrus.

Tidak hanya itu, dr Nadia mengatakan, seseorang yang makan sahur secara berlebihan dapat membuatnya merasa ngantuk saat menjalani aktivitas, karena pada saat mencerna makanan sel pankreas akan memproduksi insulin, dan pada saat inilah akan meningkatkan hormon melatonin dan serotonin.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network