Gunakan Teknik Penggandaan Kromosom, BI-IPB Sukses Kembangkan Rekayasa Genetik Bawang Putih

Tim iNews.id
Panen Bersama bawang putih dengan teknik double chromosome di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. (Foto: Istimewa)

KARANGANYAR, iNewsJatenginfo.id – Bank Indonesia Perwakilan Solo bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) sukses mengembangkan rekayasa genetik bawang putih. Menggunakan teknik penggandaan kromosom (double chromosome) mereka mampu menghasilkan bawang putih varietas Tawangmangu Super.

Bekerja saja dengan Pemkab Karanganyar, varietas ini telah dikembangkan di Dukuh Pancot, Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu. Varietas ini memiliki rasa dan kualitas lokal tetapi dimensi impor.

“Pengembangan bawang putih Tawangmangu Super ini sudah memasuki generasi keenam (G6),” kata Kepala Perwakilan BI Solo, Nugroho Joko Prastowo dalam keterangan tertulis, Selasa(12/9/2023).

Menurutnya, bawang putih merupakan komponen utama dalam bumbu masakan Indonesia, sehingga permintaan konsumen tinggi. Namun produksi bawang putih nasional sangat rendah, karena minat petani menanam bawang rendah. Selain itu juga dipengaruhi lahan yang terus berkurang.

Kondisi ini menyebabkan 95 persen kebutuhan dalam negeri bawang putih dipenuhi dari impor. Ketidakseimbangan permintaan dan suplai dalam negeri menyebabkan harga fluktuatif dan mengalami kenaikan yang tinggi.

“Bawang putih menjadi salah satu penyumbang utama dalam inflasi bahan pangan yang berdampak pada perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Upaya untuk mengurangi ketergantungan impor bawang putih nasional, perlu didorong dengan sinergi berbagai stakeholders untuk mencapai swasembada bawang putih. BI akan terus bersinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas bawang putih lokal.

“Untuk menghasilkan bawang putih yang unggul harus menggunakan benih yang baik dari varietas unggul, serta ditunjang dengan SOP yang baik, lokasi dan waktu tanam yang sesuai” katanya.
Secara umum, hasil pengembangan bawang putih dari tahun ke tahun menunjukkan perkembangan yang baik. Mulai aspek produktivitas, dimensi, dan kondisi fisik lainnya seperti karakter vegetatif daun dan umbi. Jumlah anakan juga semakin banyak dan lebih tahan terhadap penyakit.

BI Solo bersama Pemkab Karanganyar telah melakukan panen di lahan Poktan Taruna Tani Maju pada Senin (11/9/2023) kemarin dengan luasan sekitar sekitar 700 meter persegi. Kegiatan ini menunjukkan komitmen Bank Indonesia, pemerintah dan stakeholder lainnya untuk terus berupaya menggalakkan budidaya bawang putih agar bisa memutus ketergantungan impor.

“Pengembangan produksi bawang putih lokal merupakan bagian dari strategi pengendalian inflasi,” ujarnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network