Sempat Jual Biskuit Keliling, Kini Sukses Jadi Pemilik Tisu Paseo

Viola Triamanda
Kisah Penjual Biskuit Keliling Sukses Jadi Pemilik Tisu Paseo. (Foto: istimewa)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Tisu Paseo banyak dikenal masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Namun tahukah kalian, jika pemilik tisu paseo awalnya merupakan penjual biskuit keliling.

Dikutip oleh MNC Portal Indonesia, dari berbagai sumber, meski Tisu Paseo merupakan merek Internasional, namun ternyata pemiliknya adalah orang Indonesia. 

Berdasarkan informasi di web resmi Paseo, disebutkan Tisu Paseo merupakan merek yang diproduksi oleh Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas. Sedangkan pendiri Sinar Mas adalah Eka Tjipta Widjaja, salah satu konglomerat Indonesia. 

Eka Tjipta Widjaja sendiri merupakan seorang imigran Tionghoa di Indonesia yang telah bekerja keras sejak masa remaja. Dia merantau ke Indonesia tepatnya Makasar, Sulawesi Selatan, ketika berumur 9 tahun. 

Sebagai imigran di Indonesia, Eka lebih memilih membantu ayahnya yang memiliki toko kelontong kecil di Makassar untuk berjualan. Dia juga berjualan biskuit keliling. 

Keuntungan yang didapatkan saat berjualan biskuit tersebut ia alokasikan untuk membeli sepeda sebagai sarana transportasi saat berjualan biskuit keliling. Bahkan, uang yang ia dapat dari keuntungan itu juga dikumpulkan untuk merenovasi rumah orang tuanya. 

Meski jatuh bangun dilaluinya, namun ia tetap semangat menjalankan berbagai ide bisnis. Setelah pindah ke Surabaya, ia kemudian mulai membangun Sinar Mas.

Kerja keras, Eka Tjipta Widjaja dan keluarga berhasil membawa Sinar Mas menjadi salah satu grup konglomerat di Indonesia dengan berbagai jaringan bisnis, mulai dari Pulp dan Kertas, Agribisnis dan Food, Jasa Keuangan, Developer dan Real Estate, Telekomunikasi, Energi dan Infrastruktur, bahkan Kesehatan dan Pendidikan.

Eka Tjipta Widjaja dan keluarga juga masuk ke dalam Daftar 50 Orang Terkaya di Indonesia versi Forbes tahun 2018 di peringkat 3 dengan harta kekayaan bersih sebanyak 8,6 miliar dolar AS atau setara Rp134.2 triliun.

Sepeninggal Eka Tjipta Widjaja pada Januari 2019 lalu. Bisnis yang ia rintis kini dilanjutkan oleh anak-anaknya.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network