Pemkab Sukoharjo Launching Aplikasi Srikandi, Upaya Migrasi Arsip Kertas ke Digital

Nanang SN
Bupati Sukoharjo Etik Suryani melaunching aplikasi Srikandi. Foto: iNews/Nanang SN

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id - Pemkab Sukoharjo mulai menerapkan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) untuk keperluan arsip, dokumen, dan surat-menyurat.

Jika sebelumnya aktivitas surat menyurat secara fisik mengandalkan penggunaan kertas, maka dengan adanya aplikasi Srikandi hal itu tidak lagi dilakukan.

Melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sukoharjo, aplikasi Srikandi dilaunching oleh Bupati Sukoharjo Etik Suryani di lantai 10 Gedung Menara Wijaya pada, Kamis (15/12/2022).

"Aplikasi Srikandi merupakan aplikasi umum yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kominfo yang dikembangkan oleh Arsip Nasional RI (ANRI) untuk memenuhi kebutuhan pembuatan surat dan arsip elektronik secara online serta terintegrasi sebagai bentuk penerapan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik),' kata Bupati.

Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi empat Kementerian, di antaranya Kemenpan-RB sebagai pembuat regulasi dan koordinasi, ANRI sebagai penyusun proses bisnis dan data/informasi pengelolaan arsip dinamis, Kominfo sebagai pengembangan aplikasi dan penyedia infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi, serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sebagai pengamanan aplikasi dan sertifikasi elektronik.

“Saya berharap plikasi Srikandi ini nanti dapat menjadi lompatan besar bagi Kabupaten Sukoharjo dalam mewujudkan e-government berbasis teknologi, serta tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel yang keseluruhannya bermuara pada pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” tegas Etik.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network