Pilpres Brazil, Lula Da Silva Menangkan dan Dapat Ucapan Selamat Joe Biden

Ahmad Islamy Jamil
Presiden terpilih Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva. Foto: Reuters

WASHINGTON DC, iNewsJatenginfo.id - Pemilihan Presiden (Pilpres) Brasil yang digelar pada Minggu (30/10/2022) berhasil dimenangkan Luiz Inacio Lula da Silva.

 Lula menang dengan selisih suara yang tipis dari pesaingnya Presiden petahana Jair Bolsonaro.

Mengetahui kabar kemenangan Lula tersebut, Presiden AS, Joe Biden lantas menyampaikan ucapan selamatnya kepada Luiz Inacio Lula da Silva.

“saya mengucapkan selamat kepada luiz inacio lula da silva atas terpilihnya menjadi presiden brasil berikutnya setelah pemilihan yang bebas, adil, dan kredibel,” kata biden dalam sebuah pernyataan pada minggu waktu setempat atau senin (31/10/2022) wib.

Joe Biden juga menyampaikan harapan kedepan untuk hubungan antara kedua pemimpin negara itu agar dapat terus menyambung kerja sama yang baik.

“Saya berharap dapat bekerja sama untuk melanjutkan kerja sama antara kedua negara kita di bulan-bulan dan tahun-tahun mendatang,” ucap pemimpin Amerika Serikat itu lagi.

Menurut hasil resmi dari Pengadilan Tinggi Elektoral Brasil (TSE), Lula meraup 50,84 persen suara dalam pemilu putaran kedua pada Minggu. Sementara Bolsonaro mendapat 49,16 persen. Hasil itu diperoleh ketika total suara yang dihitung sudah lebih dari 99 persen.

Selain dari Biden, Lula menerima ucapan selamat dari Presiden Prancis Emmanuel Macron, Presiden Argentina Alberto Fernandez, Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, dan Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel.

Brasil mengadakan pemilihan umum pada 2 Oktober lalu. Pada waktu itu, Lula meraih 48,4 persen suara, sementara Bolsonaro memperoleh 43,2 persen suara.

Karena tidak ada kandidat yang berhasil mendapatkan lebih dari 50 persen di putaran pertama, dua kandidat dengan perolehan suara terbanyak kembali berkompetisi di putaran kedua yang digelar pada Minggu (30/10/2022).

Sebelumnya, Lula pernah menjabat presiden Brasil pada periode 2003–2010.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network