KENDAL, iNewsJatenginfo.id – Pemerintah dituntut untuk lebih responsif dalam melayani masyarakat di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
Hal itu ditangkap oleh DPRD Kendal dengan meluncurkan Suara Mas sebagai saluran aspirasi masyarakat kepada para anggota dewan.
Ketua DPRD Kendal, Muhammad Makmun mengatakan, kemajuan teknologi telah mengubah cara masyarakat berinteraksi dan bersosialisasi. Menurutnya hal ini perlu direspon secara positif untuk mendukung kinerja aparatur penyelenggara pemerintahan.
Hal itu disampaikan Makmun saat meluncurkan Suara Mas sebagai strategi optimalisasi penyerapan aspirasi masyarakat untuk mendukung kinerja DPRD Kendal yang digelar di Ramada Suites Hotel pada Kamis, 27 Oktober 2022.
Lebih lanjut Makmun menerangkan, penyerapan aspirasi masyarakat merupakan salah satu instrumen anggota DPRD dalam menjalankan fungsinya sebagai wakil rakyat. Untuk mempermudah penyampaian aspirasi masyarakat, pihaknya secara resmi meluncurkan penggunaan Suara Mas.
“Diluncurkannya Suara Mas ini sebagai salah satu wujud komitmen kami untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat. Melalui kanal ini, masyarakat bisa menyampaikan aspirasinya secara online,” kata Makmun.
Selain untuk memudahkan penyampaian aspirasi masyarakat, menurut Makmun peluncuran Suara Mas untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang lebih akuntabel dan lebih responsif dengan berbasis digital.
“Suara Mas ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk mengembangkan e-government yakni layanan pemerintahan berbasis digital,” terang Ketua Dewan yang saat ini tengah melakukan penelitian penerapan e-government di lingkungan Pemkab Kendal untuk studi magisternya di bidang Politik Digital tersebut.
Editor : Iman Nurhayanto
Artikel Terkait