get app
inews
Aa Read Next : Diikuti Ratusan Nelayan, BMKG Tegal Adakan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan

Fenomena Full Moon, Cilacap Terancam Banjir Rob Sepekan Mendatang

Senin, 13 Juni 2022 | 13:34 WIB
header img
Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir atau rob. Foto: Ist

CILACAP, iNewsJatenginfo.id - Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap mengeluarkan peringatan dini banjir pesisir atau rob. 

Banjir rob potensial terjadi mulai 13 Juni hingga 23 Juni 2022 mendatang. Apalagi pada 14 Juni ada fenomena full moon atau bulan purnama yang membuat air pasang tertinggi levelnya.

Pengamat cuaca Stasiun Meteorologi BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, maka Cilacap sebagai salah satu daerah pesisiri potensial terjadi rob.

“Tidak hanya di Cilacap, potensi banjir rob juga terjadi pada sejumlah wilayah baik di Jabar, Jateng maupun DIY,”kata Rendi dalam rilis tertulis yang diterima iNews Cilacap pada Senin (13/6). 

Menurut Rendi, daerah yang terancam rob di Jabar adalah Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran. Sedangkan di Jateng adalah Cilacap, Kebumen, Purwokerto dan DIY.

Rendi mengatakan potensi banjir pesisir atau rob diprediksi berlangsung dalam waktu yang berbeda-beda di setiap wilayah. 

Kondisi tersebut, secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan, tambak garam dan pemukiman warga di sekitar pesisir.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut