get app
inews
Aa Read Next : Kalahkan Filipina, Skuad Garuda Lolos Semifinal Piala AFF 2022

Awan Gelap Slimuti Gunung Api, Sejumlah Wilayah Tertutup Abu Vulkanik

Minggu, 05 Juni 2022 | 21:26 WIB
header img
Erupsi Gunung Berapi Bulusan di Kota Sorsogon terjadi selama 17 menit. Foto: Ist

MANILA, iNewsJatenginfo.id - Sebuah gunung berapi di Filipina timur erupsi pada Minggu (5/6). Akibatnya, sejumlah kota tertutup abu dan warga berupaya dievakuasi.

Erupsi Gunung Berapi Bulusan di Kota Sorsogon terjadi selama 17 menit. Pihak berwenang memperingatkan kemungkinan adanya letusan susulan.

Menurut Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina semburan awan gelap melesat setidaknya satu kilometer 

Sebagai tanggapan, pihak berwenang menaikkan peringatan menjadi satu dari sistem 5 tingkat. Artinya, ada kekhawatiran tingkat rendah.

"Ada letusan freatik gunung berapi Bulusan, yang berarti ledakan itu disebabkan oleh air mendidih di bawah kawah," kata kepala lembaga Renato Solidum kepada radio lokal DZBB.

Lembaga itu mengatakan, abu mempengaruhi dua kota di Sorsogon yang terletak sekitar 500 kilometer selatan ibu kota Manila. Tidak ada laporan mengenai korban luka dalam peristiwa ini.

Di Kota Juban, dua desa mengalami "visibilitas nol" akibat abu yang tebal. Staf kantor bencana Dennis Despabiladeras megatakan, sebuah truk pemadam kebakaran dikerahkan untuk membersihkan daerah itu.

"Evakuasi sedang berlangsung di sana, tetapi prioritas kami adalah warga lanjut usia dan mereka yang menderita asma," katanya dilansir dari Straits Times yang dikutip dari AFP.

Otoritas bandara Manila mengatakan, sejauh ini tidak ada penerbangan yang terkena dampak letusan. Pilot telah diperingatkan jika mendekati daerah tersebut.

Pihak berwenang melarang warga masuk ke radius empat kilometer di sekitar gunung berapi. 

Warga yang tinggal di sekitar lereng gunung menyarankan mereka yang tinggal di dalam rumah karena peningkatan kemungkinan letusan freatik yang tiba-tiba dan berbahaya.

Warga di sekitar lembah dan sungai juga diimbau waspada terhadap lumpur dan aliran sungai jika terjadi hujan deras. Gunung berapi Bulusan telah aktif dalam beberapa tahun terakhir. 

Selusin letusan serupa tercatat pada tahun 2016 dan 2017.

Filipina terletak di "Cincin Api" Pasifik yang aktif secara seismik dan memiliki lebih dari 20 gunung berapi aktif.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut