get app
inews
Aa Read Next : Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik untuk LKPP RI Diterima Hendi

Andika-Hendi Pastikan Rekomendasi yang Diberikan PDIP Telah Melalui Pertimbangan Matang

Rabu, 28 Agustus 2024 | 21:38 WIB
header img
Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Andika Perkasa dan Hendrar Prihadi. (Foto: IST)

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Calon gubernur Jawa Tengah Andika Perkasa memastikan rekomendasi yang diberikan PDI Perjuangan kepada calon kepala daerah yang akan diusungnya telah melalui pertimbangan yang sangat matang dari Dewan Pengurus Pusat PDIP.

Andika menyampaikan hal tersebut, saat menghadiri penyerahan rekomendasi PDI Perjuangan kepada 12 pasangan calon kepala daerah kabupaten/kota di Jawa Tengah, yang diadakan di Kantor DPD PDIP Jateng atau Panti Marhen, Selasa (27/8/2024) malam. 

“Saya tidak bisa mengatakan persis, tapi saya dapat gambaran, dengar-dengar, bagaimana proses pengambilan keputusan di DPP PDIP sehingga sampai keluar nama per kabupaten/kota atau provinsi, saya pastikan DPP PDIP berusaha untuk mengakomodasi, kerja sama dengan partai politik lain,” ujar Andika.

Kalaupun sampai memtuskan kandidat yang diusungnya keduanya adalah kader PDI Perjuangan, tandas Andika hal itu merupakan pilihan terakhir. "Itu yang terjadi,jadi yakinlah PDI Perjuangan menetapkan (rekomendasi) ini setelah melalui pembahasan, pertimbangan satu demi satu diteliti dan dipelajari bahkan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan (Megawati Soekarnoputri)," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Andika mengucapkan PDI Perjuangan dalamPilkada Serentak mendatang telah bekerjasama dengan banyak partai politik. "Artinya semua usaha, semua pertimbangan sudah dilakukan dalam rangka merangkul," tandasnya.

“Semakin banyak partai semakin bagus, ini miniatur bagaimana nanti kita bekerja. Visi kami di akhir adalah manunggal, kita memang harus bekerja sama dengan siapa pun juga, tidak boleh ada yang tidak kita ajak,” imbuh mantan Panglima TNI tersebut.

Sebelumnya Bendahara PDIP Jawa Tengah, Agustina Wilujeng Pramestuti, menyebut sebanyak 29 rekomendasi telah DPP PDIP berikan kepada kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Dengan total surat rekomendasi yang sudah diberikan di Jawa Tengah ada sebanyak 27. 

"15 kabupaten/kota (rekomendasi) sudah kita selesaikan Senin malam kemarin, malam ini (Selasa (28/8) ada 12 kabupaten/kota, berarti kita sudah ada 27 (rekomendasi). Sebenarnya ada 29, tetapi hari ini (2 daerah) karena ada konsolidasi di wilayahnya masing-masing, yaitu Kota Magelang dan Kota Salatiga, maka akan dilakukan prosesi penyerahan besok (Rabu),” ucap Agustina sebelum membacakan nama-nama pasangan calon yang mendapatkan rekomendasi, Selasa (27/8/2024).

Dari 29 pasangan calon yang mendapatkan rekomendasi tersebut, sambung Agustina Wilujeng, 24 rekomendasi diberikan kepada kader PDI Perjuangan. "Halitu membuktikan bahwa kita berhasil melaksanakan UU partai politik, yaitu menyiapkan calon pemimpin di wilayahnya masing-masing," ujarnya.

Agustina Wilujeng menambahkan lima calon kepala daerah yang diusung partainya bukan dari PDI Perjuangan. "Dua dari PKB, dua dari PPP, dan 1 dari Golkar,"sambungnya.

"Kemudian dari 29 kabupaten/kota itu, wakil kepala daerahnya 7 adalah kader PDIP. 22 lainya adalah non PDIP, 8 dari Gerindra, 5 PKB, 2 PPP, 2 Golkar, 1 Demokrat dan 1 PKS," ucapnya.

Ia mengatakan prosentase kerja sama terbesar PDI Perjuangan di Jawa Tengah dengan Partai Gerindra ada sebanyak 48 persen. "PPP dan Nasdem masing-masing 45 persen, Golkar dan PKS 41 persen, PKB 38 persen,Demokrat dan PAN sama-sama 34 persen, Hanura 21 persen, Perindo 3 persen. Dan tiga diantaranya adalah tokoh masyarakat," bebernya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut