get app
inews
Aa Read Next : Targetkan Partisipasi Pemilih pada Pilkada Jateng Capai 82 Persen

Nana Sudjana Ajak Berdoa untuk Korban Gempa Batang, Pemprov Jateng Lakukan Penanganan Pascagempa

Selasa, 09 Juli 2024 | 12:40 WIB
header img
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana saat menghadiri acara peringatan Tahun Baru Hijriah 1446. (Foto: IST)

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana mengajak seluruh masyarakat berdoa bersama untuk korban gempa di Kabupaten Batang. Hal itu disampaikan Nana saat menghadiri acara peringatan Tahun Baru Hijriah 1446 di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Senin (8/7/2024) malam.

"Kita sama-sama mendoakan, semoga korban di Batang diberikan ketabahan dan kekuatan. Semoga segera pulih kembali,  dan di Jawa Tengah tidak terjadi bencana lagi," ucap Nana.

Untuk diketahui, Kabupaten Batang diguncang gempa pada Minggu, 7 Juli 2024, pukul 14.35 WIB. gempa bermagnitudo 4,4 tersebut tidak menyebabkan korban jiwa. Namun terdapat sekitar 56 rumah warga rusak. Kerusakan itu berada di Kecamatan Batang, Wonotunggal, dan Warungasem. Sementara 12 orang mengalami luka dan sedang menjalani perawatan.

Pascagempa di Batang, Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Jateng, Dinas Sosial Jateng, dan Dinas Kesehatan Jateng langsung terjun ke daerah bencana guna memberikan bantuan yang diperlukan warga, termasuk bergotong royong bersama Pemkab Batang mendirikan dapur umum.

Selain itu, Pemprov Jateng juga melakukan assesment terhadap kerusakan rumah warga serta memberikan dukungan untuk penanganan berbagai dampak dari bencana tersebut. 

"Kami sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Batang, sudah mengidentifikasi kerusakan-kerusakan dan para korban. Teman-teman dari Dinas Sosial juga sudah membuat dapur umum di sana," ujar Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno  di kantornya.

Kepala BPBD Jateng, Bergas Catursasi menambahkan, kerusakan ringan juga terjadi di bangunan Masjid Agung Batang dan Kantor Bupati. Terkait bencana ini, Pemkab Batang sudah menetapkan status tanggap darurat hingga tujuh hari ke depan.

gempa tersebut tidak berdampak terhadap aktivitas di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang, maupun kawasan strategis lainnya, sehingga tetap beraktivitas normal. 

"Alhamdulillah Batang dapat segera pulih, kegiatan masyarakat juga sudah berlangsung normal, termasuk pemerintahan juga berjalan normal," katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut