get app
inews
Aa Read Next : Diduga Bunuh Diri, Guru Les Mandarin di Magelung Kendal Ditemukan Tewas

Jalur Kereta Api Cepu-Blora Akan Diaktifkan Kembali Oleh Pemerintah Setempat

Senin, 24 Juni 2024 | 22:10 WIB
header img
Jalur Kereta Api Cepu-Blora. (Foto: IST)

BLORA, iNewsJatenginfo.id- Pemerintah akan mengaktifkan Jalur Kereta api Cepu-Blora untuk konektivitas transportasi. Menurut Kepala Bappeda Blora Mahbub Djunaedi, hal tersebut sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Blora 2021-2026 di bidang transportasi. 

Bappeda bersama Sekolah Tinggi Teknologi Ronggolawe (STTR) Cepu dan Alumni Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM), telah menyelesaikan pra studi kelayakan re-aktivasi jalur KA Blora-Cepu dengan moda berbasis energi baru dan terbarukan (EBT).

“Pimpinan STTR bersama Tim Alumni FT UGM sudah menyampaikan gagasan reaktivasi jalur KA Cepu-Blora kepada Bupati Blora,’’ katanya saat mendampingi tim di rumah dinas Bupati Blora.

Menurut dia, Blora bagian dari kawasan Cepu Raya, memiliki potensi ekonomi besar dari industri migas bumi di Blok Cepu dan Migas Nabati (Biomassa) di Kabupaten Blora. Wilayahnya hampir 50 persen Perhutanan Perum Perhutani.

Reaktivasi jalur KA Cepu – Blora ini, lanjut dia, sudah masuk dalam Rencana Induk Perkeretaapian Nasional (RIPNAS) 2018, sehingga juga dimasukkan dalam RJPMD Kabupaten Blora. 2021 – 2026.

Selain itu, jalur Cepu – Blora adalah tulang punggung konektivitas transportasi Kabupaten Blora, dengan potensi perluasan jangkauan pelayanan hingga Bandara Ngloram dan Blora - Purwodadi serta Blora – Rembang.

Elektrifikasi Jalur Kereta api semacam ini belum lama ini telah dilakukan di Jalur Kereta api Yogyakarta – Solo oleh PT KAI DAOP 6, dengan jarak sekitar 60 km, harga tiket per penumpang Rp.8.000. Dibandingkan dengan jarak Cepu – Blora yang hanya sekitar 35 km, mungkin nanti harga tiketnya sekitar Rp. 5.000.

Infrastruktur tenaga listrik untuk trem selain akan mengambil daya dari jaringan PT PLN, juga direncanakan untuk membangun sumber tenaga listrik EBT. Dengan pola ini, akan dimungkinkan kemitraan dengan segenap pemangku kepentingan yang terkait, seperti PT KAI, Perum Perhutani, BUMD Transportasi Kabupaten Blora, BUMD Energi Kabupaten Blora, Investor, dan lain-lain. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut