get app
inews
Aa Read Next : Ulama yang Rajin Melaksanakan Ibadah Haji 30 Kali, Inilah Kisah Muhammad bin Wasi'

Khotbah Arafah Tahun Ini Diterjemahkan ke 20 Bahasa oleh Syekh Maher Al Muaiqly

Rabu, 29 Mei 2024 | 05:17 WIB
header img
Otoritas Dua Masjid Suci menunjuk Syekh Maher Al Muaiqly sebagai khatib Wukuf di Arafah tahun ini (Foto: Reuters)

JEDDAH, iNewsJatenginfo.id - Khotbah Arafah pada pelaksanaan haji 2024 akan disampaikan oleh Syekh Maher Al Muaiqly, imam sekaligus khatib Masjidil Haram, Makkah. Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, khotbah Arafah akan disampaikan dari Masjid Namira.

Waktu pelaksanaan Wukuf Arafah baru diketahui setelah penetapan masuknya 1 Zulhijjah 1445 H yang pemantauan hilalnya akan dilakukan pada 5 Juni mendatang. Namun kemungkinan besar Wukuf akan jatuh pada 15 Juni.

Wukuf merupakan puncak ibadah haji yang dilaksanakan setiap 9 Zulhijjah di Jabal Rahmah.

Otoritas Umum untuk Dua Masjid Suci Masjidil Haram dan Masjid Nabawi mengumumkan Syekh Maher sebagai khatib Wukuf di Arafah pada Senin (27/5/2024).

Kepala Kepresidenan untuk Urusan Dua Masjid Suci Syekh Abdul Rahman Al Sudais menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz dan Putra Mahkota sekaligus Perdana Menteri Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) atas kepercayaan yabg diberikan kepada Syekh Maher.

“Kepercayaan ini dianggap sebagai dukungan terhadap Kepresidenan Urusan Agama dan bentuk ketajaman kepemimpinan yang bijaksana dalam memberikan pelayanan kepada Dua Masjid Suci serta para imam dan khatib dalam mempromosikan pesan moderasi," kata Syekh Sudais, dikutip dari Saudi Gazette, Selasa (28/5/2024).

Wukuf di Arafah merupakan salah satu dari empat rukun haji, dimulai setelah khutbah dan Salat Zuhur dan Asar yang dijamak-qashar.

Khotbah Arafah memiliki status tinggi di kalangan umat Islam seluruh dunia. Oleh karena itu Pemerintah Arab Saudi memberikan layanan terjemahan khotbah Arafah sehingga bisa disimak oleh setiap Muslim di seluruh dunia. 

Tahun ini khotbah Arafat akan diterjemahkan ke dalam 20 bahasa.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut