get app
inews
Aa Read Next : Presiden PKS Sebut Parpol KIM Tawarkan Kader PKS Jadi Cawagub Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta

Pendaftaran Cagub-Cawagub Jateng Jalur PDIP Resmi Dibuka

Rabu, 22 Mei 2024 | 23:10 WIB
header img
Bendahara DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng menyerahkan potongan tumpeng kepada Ketua Panitia Pendafataran gubernur-wakil gubernur, wali kota-wakil wali kota, bupati-wakil bupati se Jawa Tengah, A Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan. Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah secara resmi membuka pendaftaran gubernur-wakil gubernur, wali kota-wakil wali kota, bupati-wakil bupati se Jawa Tengah, di Kantor DPD PDIP Jateng (Panti Marhen), Rabu (22/5/2024).

Pembukaan tersebut dilakukan oleh Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Sumanto, Bendahara DPD PDIP Jateng Agustina Wilujeng, dan ketua panitia pendaftaran Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan. 

Pembukaan tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan Agustina Wilujeng dan potongan tumpeng tersebut diserahkan kepada Baginda selaku Ketua Panitia.

Dalam sambutannya Sumanto mempersilahkan masyarakat yang berniat maju bakal calon untuk mendaftarkan diri lewat DPD PDI Perjuangan Jateng. "Kami buka secara terbuka untuk seluruh masyarakat Jawa Tengah, ini kita buka mulai hari ini (22/5), sampai tanggal 28 Mei tahun 2024," ucapnya.

"Maka dari itu, kesempatan yang baik ini bisa digunakan oleh seluruh kader atau tokoh-tokoh yang ada di Jawa Tengah untuk bisa membangun Jawa Tengah bersama dengan PDI Perjuangan, agar lebih bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jateng," sambungnya.

Sedangkan Bendahara PDIP Jateng, Agustina Wilujeng mengungkapkan pihaknya sebagai partai politik memiliki tugas yang diatur undang-undang. "Kami sebagai partai politik memiliki tugas yang diatur dalam undang-undang adalah melakukan proses-proses politik untuk mencari calon-calon pemimpin dan hari ini kita lakukan tugas undang-undang tersebut dengan membuka pendaftaran," ungkapnya.

Pendaftaran tersebut, menurut Agustina Wilujeng merupakan kebijakan partai dan tugas dari DPP PDI Perjuangan. "Ini dilakukan secara serentak semuanya dan dibatasi sampai tanggal 31 Mei untuk tingkat DPC dan DPD, nanti semua calon tersebut dikirimkan ke DPP. Misalnya kalau mau daftar tapi sudah tutup bagaimana? bisa mendaftar ke DPP," tandasnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI tersebut menambahkan proses tersebut masih berajalan cukup panjang, ia berharap banyak tokoh di Jawa Tengah mendaftar melalui PDI Perjuangan.

Selain itu, Agustina Wilujeng juga mengungkapkan partainya saat ini terus melakukan komunikasi dengan partai lainnya agar bisa mencari figur gubernur yang pas. "Karena gubernur sudah dua periode, sehingga harus baru. Rembugan itu untuk mencari figur-figur pemimpin yang pas dan cocok serta bisa mengakomodir semua kepentingan yang ada," bebernya.

Agustina Wilujeng pun menandaskan partainya akan berkoalisi pada Pilkada 2024 nanti. "Karena Jawa Tengah diurus sendirian ngga mungkin bisa, kita membutuhkan kerja sama dan gotong royong dengan seluruh partai serta seluruh komponen yang ada," jelasnya.

Adanya beberapa wacana koalisi antar parpol yang berkembang di masyarakat beberapa waktu ini, menurut Agustina Wilujeng, menjadi hal yang baik. "Itu nantinya akan menjadi satu konsolidasi yang bagus menurut kami, yang akan membawa kita ke berbagai macam opsi menuju Jawa Tengah yang lebih baik," ujarnya.

Pada hari pertama pendaftaran ini, imbuh Agustina Wilujeng, tokoh yang hadir dan akan mengambil formulir pendaftaran adalah Heru Sudjatmoko mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah masa periode 2013-2018.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut