get app
inews
Aa Read Next : Efek Samping dari Obat Ini Bisa Sebabkan Berat Badan Naik

6 Rekomendasi Makanan Tinggi Protein untuk Tambah Berat Badan dan Massa Otot

Senin, 06 Mei 2024 | 18:46 WIB
header img
Anda perlu mengonsumsi makanan pembentuk otot yang mengandung gizi seimbang, salah satunya yang tinggi akan kandungan protein. Foto/iStock

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Bagi Anda yang berkeinginanmenambah berat badan, salah satu cara yang disarankan adalah dengan menambah massa otot. Agar dapat berfungsi optimal, proses pembentukan otot di dalam tubuh perlu diperhatikan dengan berolahraga secara rutin.

Selain itu, Anda perlu mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan pembentuk otot yang mengandung gizi seimbang, salah satunya yang tinggi akan kandungan protein.

Lantas, apa saja makanan tinggi protein yang direkomendasikan untuk Anda yang ingin menambah berat badan dan massa otot? Berikut di antaranya, dilansir dari laman Siloam Hospital, Sabtu (4/5/2024).

1. Daging Dada Ayam

Daging dada ayam memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga mampu mengoptimalkan proses pembentukan jaringan otot. Dalam sepotong daging ayam fillet 100 gram, mengandung protein sebanyak 25 gram.

Agar lebih menyehatkan, Anda dapat mengolah daging dada ayam dengan cara dipanggang. Atau, Anda juga bisa mengukus daging dada ayam untuk dicampur ke dalam sajian salad sayur.

2. Telur

Telur diketahui mampu membentuk serta menguatkan otot pada tubuh karena mengandung berbagai macam nutrisi, seperti asam amino leusin, asam lemak omega-3, fosfolipid, vitamin B, serta vitamin D.

Cara pengolahan telur juga terbilang variatif. Agar tidak jenuh dan tetap menyehatkan, Anda bisa memasak telur dengan cara direbus, dikukus, atau ditumis dengan sayuran menggunakan sedikit minyak zaitun.

3. Daging Merah Rendah Lemak

Rekomendasi makanan pembentuk otot berikutnya adalah daging merah. Daging merah, seperti daging sapi, kambing, dan domba, memiliki kandungan leusin atau asam amino yang mampu menstimulasi pembentukan jaringan otot baru di dalam tubuh. Bahkan, daging merah ini juga kaya akan zat besi yang membuatnya baik dikonsumsi oleh penderita anemia.

Namun, Anda perlu memastikan daging merah yang dikonsumsi mengandung rendah lemak agar mendapatkan hasil optimal. Sebelum mengolahnya, Anda disarankan untuk membuang lemak yang masih menempel pada daging terlebih dulu.

4. Ikan dengan Lemak Sehat

Ikan berlemak sehat direkomendasikan sebagai makanan pembentuk otot tubuh karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Asam lemak omega-3 tersebut mampu menambah massa otot dalam tubuh apabila diimbangi dengan olahraga secara rutin.

Beberapa jenis ikan berlemak sehat yang baik dikonsumsi untuk menambah massa otot di antaranya salmon, tuna, dan tenggiri.

5. Makanan Laut

Di samping ikan, makanan laut lain seperti daging kepiting, udang, dan lobster, diketahui mengandung protein yang tinggi sehingga turut mengoptimalkan proses pembentukan jaringan otot pada tubuh.

6. Kacang Kedelai

Makanan pembentuk otot tidak hanya berasal dari protein hewani. Namun, Anda juga bisa mendapatkannya dari sumber protein nabati seperti kacang kedelai.

Kacang kedelai mengandung asam amino lengkap yang berfungsi membentuk jaringan otot di dalam tubuh. Bahkan, kacang kedelai juga kaya akan zat gizi lain yang turut menjaga kesehatan tulang dan otot, seperti vitamin K, fosfor, serta zat besi.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut