get app
inews
Aa Read Next : Muktamar ke-48 ‘Aisyiyah Bahas Sembilan Isu Strategis, Pemilu 2024 Berkeadaban Salah Satunya

Pembicaraan Damai Israel-Palestina Harus Dilanjutkan untuk Hindari Konflik Berkelanjutan

Sabtu, 21 Oktober 2023 | 20:29 WIB
header img
Yunani dan Italia menegaskan di KTT Perdamaian Kairo, pembicaraan damai Israel-Palestina harus dilanjutkan mengarah pada solusi dua negara (Foto: Istana Kepresidenan Mesir via Reuters)

KAIRO, iNewsJatenginfo.id - Yunani dan Italia menegaskan, pembicaraan damai Israel-Palestina harus dilanjutkan guna menghindari berlanjutnya konflik. Pemimpin kedua negara menegaskan, solusi dua negara harus dikembalikan.

Ini berarti Palestina harus menjadi negara merdeka dan hidup berdampingan dengan Israel.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis mengatakan, proses perdamaian atas konflik antara Israel dan Palestina harus dilanjutkan berdasarkan solusi dua negara.

“Tidak ada intervensi militer yang bisa menggantikan solusi politik,” kata Mitsotakis, dalam pidatonya di KTT Perdamaian Kairo, Sabtu (21/10/2023).

Hal senada disampaikan Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni. Dia mengatakan, masyarakat internasional harus menghindari eskalasi perang Israel dan Hamas. Selain itu, kata Meloni, peta jalan menuju solusi dua negara harus dilanjutkan.

KTT Perdamaian Kairo digelar saat Israel mempersiapkan serangan darat ke Jalur Gaza. Ratusan ribu pasukan Zionis berserta ribuan alat tenpur siaga di perbatasan dengan Gaza.

Sementara itu 20 truk membawa bantuan kemanusiaan sudah memasuki Jalur Gaza dari perbatasan Mesir. Truk-truk itu membawa obat-obatan dan makanan. Meski demikian, bantuan tersebut masih jauh dari yang dibutuhkan untuk para korban kebiadaban serangan Israel.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut