get app
inews
Aa Read Next : Beri Ruang Anak Muda Berekspresi Diri, Agustina Wilujeng Pramestuti Dukung AWP Fun Run with Gen Z

Agustina Wilujeng Pramestuti Dukung Warga Sragen Buat Film untuk Sarana Promosi Destinasi Wisata

Senin, 27 Maret 2023 | 12:15 WIB
header img
Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti mendukung warga Sragen membuat fillm untuk sarana promosi destinasi wisata.

SRAGEN, iNewsJatenginfo.id - Merujuk pada web Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ada 17 subsektor ekonomi kreatif (Ekraf), yakni Pengembangan permainan, Kriya, Desain interior, Musik, Seni rupa, Desain produk, Fesyen, Kuliner, Film, animasi dan video, Fotografi, Desain Komunikasi, Visual, Televisi dan Radio, Arsitektur, Periklanan, Seni Pertunjukan, Penerbitan, serta aplikasi.

Dari 17 subsektor Ekraf tersebut, film terbukti menjadi salah satu subsektor yang cepat menyerap tenaga kerja. Subsektor ini juga membutuhkan banyak tenaga kerja.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti mendukung  warga Sragen membuat fillm untuk sarana promosi destinasi wisata. Oleh karena itu Agustina menginisiasi pelaksanaan "Bincang Kreatif Dalam Rangka Penguatan Kapasitas Pelaku Ekonomi Kreatif Subsektor Film", bersama Direktorat Musik, Film dan Animasi, Kemenparekraf, di Gedung Kartini, Sine, Kabupaten Sragen, Sabtu (25/3/2023).

Dr Teguh Hadi Prayitno, MM. M.Hum, MH yang menjadi pembicara   dalam "Bincang Kreatif Dalam Rangka Penguatan Kapasitas Pelaku Ekonomi Kreatif Subsektor Film",  mendorong kaum milenial Kabupaten Sragen untuk melirik dan menggeluti sub sektor film secara serius.

Sebab, imbuhnya sub sektor ini juga menimbulkan multiper effect lainnya.

"Misalnya dengan membikin film terkait dengan destinasi wisata di Kabupaten Sragen, dengan alur cerita dan cinematografi yang bagus tentu akan membuat penonton film tersebut berkunjung ke destinasi tersebut. Selain bagus sebagai sarana promosi, hal itu juga secara tidak langsung menambah pendapatan pelaku wisata yang ada di destinasi tersebut," jelas Teguh.

Ia mengakui seperti subsektor lainnya di Ekraf tentu film juga menemui beberapa kendala seperti sumber pendanaan dan pembiayaan dari lembaga pembiayaan yang belum optimal.

"Namun hal itu bisa terpecahkan, bila para milenial bergotong royong. Mungkin untuk menekan biaya bisa dengan urunan pendanaan, mungkin bila ada yang memiliki alat-alatnya bisa digunakan sehingga menekan cost, dan lain sebagainya," kata Teguh.

Saat menutup kegiatan, Agustina Wilujeng Pramestuti mengajak bermain para peserta dengan memberikan kuis. Pertanyaan kuis tersebut terkait lokasi destinasi wisata, makanan khas dan budaya yang ada di Sragen.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut