get app
inews
Aa Read Next : Capai 12.000 Jiwa! Berikut Update Terkini Korban Tewas Gempa M7,8 di Turki dan Suriah

Gempa Dahsyat Turki Tewaskan Korban Capai 14.000 Jiwa, Ini Janji Erdogan

Jum'at, 10 Februari 2023 | 10:40 WIB
header img
Recep Tayyip Erdogan berjanji akan membangun gedung tempat tinggal baru bagi korban gempa (Foto: Reuters)

ANKARA, iNewsJatenginfo.id - Korban gempa dahsyat bermagnitudo 7,8 dan 7,7 di Turki pada Senin lalu terus bertambah. Per hari Kamis (9/2/2023) jumlah korban tewas akibat gempa dahsyat itu menembus angka 14.014 jiwa. Selain itu lebih dari 63.000 orang mengalami luka-luka.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, saat berkunjung ke Gaziantep, salah satu provinsi terdampak gempa, mengatakan lebih dari 6.400 bangunan hancur.

Turki, lanjut Erdogan, akan membangun gedung baru berlantai 3 dan 4 untuk tempat tinggal bagi para korban terdampak dalam waktu setahun.

Dua gempa dahsyat di Turki bertitik pusat di Provinsi Kahramanmaras dan dampaknya dirasakan di sembilan provinsi lainnya, yakni Adana, Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

Badan penanggulangan bencana Turki AFAD menyatakan, lebih dari 113.200 personel SAR dikerahkan ke lokasi bencana. Selain itu AFAD juga mengoordinasikan bantuan tenaga SAR dari banyak negara.

"Hasil negosiasi dengan Kementerian Luar Negeri Turki, 5.709 personel dari negara lain untuk memberikan bantuan diberangkatkan ke lokasi bencana," bunyi pernyataan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut