get app
inews
Aa Read Next : Ribuan Warga Nobar di Simpanglima, Dukung Timnas Indonesia hadapi Irak

Masjid Unik Berbentuk Perahu, Ini Lokasinya

Minggu, 15 Januari 2023 | 20:40 WIB
header img
Masjid Bambu. Foto: Ist

BANJAR, iNewsJatenginfo.id - Sebuah masjid bambu menjadi salah satu masjid unik di Indonesia. Selain terbuat dari bambu, arsitektur bangunan masjid yang memiliki nama asli Masjid KH Abdul Qadir Hasan ini berbentuk perahu dan terlihat sangat modern serta menarik perhatian.

Selain dari bahan materialnya yang ramah lingkungan, bentuk Masjid Bambu jika dilihat secara sekilas terlihat seperti perahu yang tengah berlayar. Sedangkan dari depan seperti Masjid Sultan Suriansyah.

Keunikan di tiap sisi Masjid Bambu Kiram ini tentu mengundang rasa penasaran masyarakat sekitar atau wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Banjar.

Arsitektur dan Interior Masjid Bambu

Dikutip dari kanal YouTube iNews Banjarmasin, Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan yang didirikan pada tahun 2020 ini memiliki desain arsitektur menggunakan bambu sebagai material utama bangunan. Bambu digunakan untuk bagian atap, dinding, bahkan tiang-tiang di dalam masjid. 
 
Dari luar bangunan terlihat warna masjid yang cenderung berwarna kuning dan coklat muda yang mempertahankan warna asli dari bambu-bambu yang disusun secara rapi sebagai kerangka masjid.

Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan terdiri dari dua lantai, yaitu untuk tempat wudhu, toilet, dan serambi bagian bawah. Sedangkan untuk sholat bisa naik ke lantai dua menggunakan tangga yang railingnya pun terbuat dari susunan bambu.

Keluar dari ruangan sholat di lantai dua, bisa ditemukan semacam teras yang cukup luas. Lantai dua merupakan ruangan utama dengan luas 15 x 15 meter yang dapat menampung sekira 250 jamaah. 

Lokasi Masjid Bambu

Jika ingin mengunjungi Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan, letaknya cukup jauh dari ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarbaru, maupun dari Banjarmasin.

Lokasinya ada di Desa Kiram, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, berjarak sekira 25 kilometer dari Banjarbaru. Masjid bambu terdiri dari dua lantai. Lantai atas adalah ruang utama dengan luas 15 x 15 meter, bisa menampung 250 orang. semua bagian lantai atas menggunakan bambu sebagai tempat sholat.

Ide dasar dari pengembangan Masjid Bambu KH Abdul Qadir Hasan diambil dari balanting bambu yang menjadi andalan wisata Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kalimantan Selatan. Bangunannya memadukan arsitektur berbentuk jukung (kapal khas Banjar) dan masjid tertua di Banjar (Masjid Sultan Suriansyah).

Masjid Bambu Kiram menjadi masjid pertama dan satu-satunya yang dibangun dengan material dasar bambu. Jika sedang berlibur di Desa Kiram, jangan lewatkan untuk mengunjungi masjid unik ini.

Wallahu a'lam bisshawab.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut