get app
inews
Aa Read Next : Menuju Pemilu 2024, Sekber Gerindra-PKB Akan Diresmikan Prabowo dan Cak Imin Senin Besok

Kerja Sama Gerindra dan PKB, Berikut 5 Poin Piagamnya

Minggu, 14 Agustus 2022 | 18:18 WIB
header img
PKB dan Gerindra berkoalisi. Foto: MNC Media

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Partai Gerindra dan PKB resmi berkoalisi di Pilpres 2024. Setelah pendeklarasian koalisi, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar menandatangani piagam kerja sama yang telah disepakati oleh kedua partai. 

Piagam kerja sama yang telah ditandatangani tersebut kemudian dibacakan langsung oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad dan Waketum DPP PKB, Jazilul Fawaid secara bergantian.

Ada lima poin kesepakatan yang termaktub dalam piagam kerja sama antara Gerindra dan PKB. Salah satu yang menjadi sorotan adalah kesepakatan yang berkaitan tentang pengusungan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Berikut ini lima poin kesepakatan yang termaktub dalam piagam kerja sama antara Partai Gerindra dan PKB: 

1. Dalam rangka mewujudkan pembangunan nasional yang berkelanjutan dan berkesinambungan Partai Gerindra dan PKB bekerja sama dalam Pemilu serentak tahun 2024. 

2. Kerja sama Partai Gerindra dan PKB didasarkan pada visi bersama agar terjadi percepatan pembangunan untuk Indonesia secara berdaulat adil, makmur, sejahtera, dan aktif mendorong terciptanya perdamaian dunia.

3. Kerja sama Partai Gerindra dan PKB dilatarbelakangi keinginan untuk menyatukan dua kekuatan besar di Indonesia yakni nasionalis dan religius untuk menghindari polarisasi masyarakat pada Pemilu 2024 dan dapat membuka koalisi dengan parpol lain atas persetujuan kedua belah pihak. 

4. Calon presiden dan calon wakil presiden yang akan diusung oleh kerja sama parpol Partai Gerindra dan PKB akan ditentukan secara bersama-sama oleh Ketua Dewan Pembina/Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar.

5. Kesepakatan kerja sama Partai Gerindra dan PKB ditindaklanjuti dengan kerja politik bersama untuk memenangkan paslon capres dan cawapres yang disepakati.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut