get app
inews
Aa Read Next : Peken Tjilatjapan Pantjak Sekawan Jadi Ajang Temu Pelaku Kreatif di Cilacap

Cilacap Terancam Tsunami 10 Meter dan Gempa Magnitudo 8,7, Begini Penjelasan BMKG

Minggu, 31 Juli 2022 | 19:37 WIB
header img
Ilustrasi gempa. Foto:Dok iNews.id

CILACAP, iNewsJatenginfo.id - Cilacap disebut-sebut terancam tsunami setinggi 10 meter. Gelombang tusnami tersebut dipicu disebabkan gempa dengan magnitudo 8,7. 

BMKG memberikan penjelasan lengkap terkait hal tersebut. Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Jawa Tengah Setyoajie Prayoedhie menyebutkan bahwa Cilacap merupakan salah satu wilayah di Jawa Tengah yang rawan bencana gempabumi dan tsunami. 

“Secara geotektonik, terdapat zona subduksi, yaitu daerah pertemuan lempeng Indo-Australia yang masuk menyusup ke bawah lempeng Eurasia di utara. Akibat dari aktivitas di zona subduksi ini, berdasarkan kajian saintifik, ada 3 (tiga) segmen zona megathrust di selatan pulau jawa yang menyimpan akumulasi energi gempabumi terpicu bisa mencapai M 8,7,”paparnya pada Sabtu (30/7).

Menurutnya, gempa bumi dan tsunami, merupakan peristiwa alam yang hingga saat ini belum dapat diprediksi kapan terjadinya. Potensi gempabumi dengan magnitudo 8.7 bukanlah prediksi, sehingga kapan terjadinya tidak ada yang tahu. 

“Meski demikian, kita masih memiliki waktu untuk menyiapkan diri dan menata mitigasi bencana sebaik mungkin. Upaya pengurangan resiko bencana melalui tahapan mitigasi yang tepat harus dilakukan sedini mungkin dan bersifat pentahelix agar kita dapat mengantisipasi segala dampak yang mungkin terjadi menuju target keselamatan infrastruktur dan minim korban jiwa (zero victim) di daerah terdampak,” paparnya. 

Untuk mengidentifikasi dampak dari kemungkinan terjadinya gempabumi dengan magnitudo 8,7 di pesisir selatan Jawa, maka BMKG melakukan simulasi potensi landaan gelombang tsunami di kabupaten Cilacap melalui pemodelan numerik berdasarkan skenario terburuk dengan magnitudo 8,7. 

“Tujuan dari pemodelan tsunami ini adalah sebagai acuan mitigasi konkret untuk pengurangan resiko bencana serta membantu pemerintah daerah memetakan tahapan mitigasi  yang diperlukan sebagai upaya pengurangan resiko bencana gempabumi dan tsunami,”jelasnya. 

“Kepada masyarakat pesisir selatan Jawa khususnya kabupaten Cilacap dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Jika membutuhkan informasi terkait gempabumi dan tsunami bisa menghubungi kantor BMKG terdekat atau BPBD setempat. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi,”tambahnya. 
 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut