get app
inews
Aa Read Next : UMKM di Mata Nur Ma'ruffin: Pilar Utama Pembangunan Ekonomi

Pelaku UMKM di Brebes Mengeluh Soal Mesin Produksi Sama Puan Maharani

Rabu, 06 Juli 2022 | 22:24 WIB
header img
Ketua DPR RI Puan Maharani, melakukan kunjungan kerja ke beberapa titik di Kabupaten Brebes, dan menyambangi pelaku Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Pagojengan, Kecamatan Paguyangan. Foto: istimewa

BREBES, iNewsJatenginfo.id - Ketua DPR RI Puan Maharani, melakukan kunjungan kerja ke beberapa titik di Kabupaten Brebes, dalam kesempatan itu, anak Megawati Soekarnoputri itu pun menyambangi pelaku Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Pagojengan, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Selasa (5/7).

Sutrisno (47) pelaku UMKM yang dikunjungi Puan, mengatakan, kalau usaha pembuatan mie kuning yang dilaksanakannya ini adalah usaha turun temurun dari orang tuanya. Sampai sekarang usaha ini dikelola oleh generasi ke tiga atau sudah berjalan sekitar 50 tahun.

Pabrik yang berada di tengah perkampungan tersebut hanya mampu memproduksi 2,5 kwintal per hari. Hal ini karena proses produksinya masih menggunakan cara manual. 

Sutrisno mengaku kendala yang dihadapinya saat musim penghujan. Karena mie tidak bisa kering saat dijemur akibat kurang tersinari matahari.

Kepada Puan, Sutrisno mennyampaikan mendapat bantuan alat produksi seperti mesin otomatis guna meningkatkan produksi mie kuningnya. 

"Kalau pake mesin kan produksi lebih banyak dan pemasaran lebih jauh," ujarnya.

Sutrisno juga mengaku selama ini pemasaran hasil produksi mie kuningya hanya di pasar lokal dan warung-warung saja.

"Kalau kondisi sekarang penghasilan bersih cuma Rp6 juta," ucap Sutrisno.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut