Daftar Pileg dengan Ijazah SMA, Rafli Menjadi DPRD Demak Termuda Masih Kuliah

Pradipta
Sosok DPRD Demak Termuda, M Maulana Rafli(Foto: IST)

DEMAK, iNewsJatenginfo.id - Sebanyak 50 anggota DPRD Demak hasil Pemilu Legislatif 2024 dilantik, Rabu (14/8). Salah satunya termasuk satu anggota termuda yang baru berusia 22 tahun, M Maulana Rafli. Rafli, yang merupakan mahasiswa semester lima di Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, adalah anggota DPRD Demak termuda.

Rafli, yang berasal dari Desa Bakalrejo, Kecamatan Guntur, Demak, maju dalam Pileg 2024 melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Saya mendaftar dengan ijazah SMA karena saat itu masih kuliah, dan insyaallah tahun depan saya akan lulus," ujar Rafli usai upacara pengucapan sumpah jabatan di Gedung Paripurna DPRD Demak pada Rabu (14/8/2024). Ia hadir didampingi oleh orang tua.

Rafli mengungkapkan bahwa menjadi anggota DPRD bukanlah cita-citanya semula. "Sebenarnya saya tidak bercita-cita masuk DPR. Setelah lulus SMA 1 Demak pada 2019, cita-cita saya adalah menjadi polisi. Saya sudah mendaftar ke Akpol selama dua tahun, tetapi belum berhasil. Alhamdulillah, rezeki saya ada di politik, bukan di kepolisian," tambahnya.

Ia maju sebagai anggota DPRD Demak berkat dorongan berbagai pihak, termasuk anak-anak muda.

"Sekitar 80 persen tim sukses saya juga masih muda. Ada dorongan dari sesepuh dan anak-anak muda yang ingin ada suara mereka di legislatif. Kami berniat agar anak muda mulai bersuara," ujar Rafli, yang juga merupakan mahasiswa jurusan teknik sipil.

Rafli berharap lebih banyak pemuda terjun ke politik dan berencana untuk berkolaborasi dalam bidang pendidikan. "Kami telah berkonsultasi dengan banyak senior dan ke depannya akan membentuk relawan dalam bidang pendidikan, karena pendidikan adalah salah satu prioritas utama," tambahnya. Rafli terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) V.

Perlu diketahui, 50 anggota DPRD Demak yang dilantik hari ini tercantum dalam Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 170/100 Tahun 2024 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Demak.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network