PATTIROS dan ICW Gandeng Masyarakat Bersatu Lawan Praktik Korupsi!

M Sayyidin Jaya Negara
PATTIROS Pelatihan PBJ

SEMARANG, iNewsjatenginfo.id - Pada tanggal 23-24 Februari 2024, di Hotel Gets Semarang, telah diselenggarakan pelatihan pengawasan korupsi dalam sektor pengadaan barang dan jasa pemerintah kota Semarang. Pelatihan ini merupakan hasil kerjasama antara PATTIROS dan Indonesia Corruption Watch (ICW), dengan dukungan dari Open Contracting Partnership (OCP).

Data yang disampaikan oleh ICW menunjukkan bahwa kasus korupsi dalam pengadaan barang dan jasa mencapai 49,1% dari total 2.227 kasus yang ditangani penegak hukum dalam rentang tahun 2016 hingga 2020. Fakta ini mendorong langkah-langkah preventif yang lebih serius dalam mengawasi dan mengendalikan korupsi di sektor tersebut.

Pelatihan yang digelar selama dua hari tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk komunitas warga binaan PATTIROS Semarang, organisasi masyarakat sipil (CSO), dan Organisasi gerakan mahasiswa di Kota Semarang. Agenda pelatihan ini difokuskan pada penggunaan OpenTender sebagai instrumen pengawasan yang efektif terhadap pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Direktur Program PATTIROS, Putri Milasari menyampaikan bahwa pelatihan ini merupakan langkah awal dalam membangun sinergi antara masyarakat sipil untuk mengawasi dan menekan kasus korupsi di Kota Semarang. Harapannya, melalui pemahaman yang lebih baik dan kerjasama yang erat antara berbagai pihak, upaya pencegahan korupsi dapat ditingkatkan secara signifikan untuk kebaikan bersama.

“Pengadaan barang dan jasa merupakan salah satu hal yang rawan penyalahgunaan, maka perlu adanya keikutsertaan masyarakat mengawasi prosesnya sebagai penerimaa manfaat dari pengadaan barang dan saja tersebut “ pungkasnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network