SURAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Upaya meningkatkan hasil belajar dan kreativitas murid, perlu dilakukan pemilihan model pembelajaran yang tepat untuk diaplikasikan di dalam kelas.
Hal itu dilakukan oleh Andi Arfianto, guru Matematika kelas IV SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Ia mengaplikasikan Model Project Based Learning (PjBL) dalam materi mengenal bilangan pecahan, Kamis (13/10/2022).
Menurut Andi, PjBL merupakan sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang memberikan kesempatan bagi murid untuk memperdalam pengetahuan sekaligus mengembangkan kemampuan diri sendiri melalui kegiatan memecahkan masalah dan investigasi.
"PjBL dibangun atas kegiatan pembelajaran dan tugas nyata yang memberikan tantangan bagi murid terkait dengan kehidupan sehari-hari untuk dipecahkan secara berkelompok," ujarnya.
Menurut Andi, model PjBL merupakan pendekatan pembelajaran di mana murid bebas untuk merencanakan aktivitas belajar melaksanakan projek, dan menghasilkan produk kerja yang bisa dipresentasikan kepada orang lain.
Editor : Iman Nurhayanto
Artikel Terkait